Kamis 8 September 2011, sepulangnya dari dokter gigi dan asyik-asyiknya membaca Notes From Qatar by Muhammad Assa. Tiba-tiba twitter saya di mention oleh orang yang gak begitu saya kenal dimana dia memperdebatkan tentang hijab. Berikut tweetnya :

Buayaempang : @iyankwhite @4lexandr4 @lialaya wearing the burka/cadar or hijab does not originate from Islam, it is middle eastern Islamic tradition.

Buayaempang : @ iyankwhite @4lexandr4 @lialaya Islam only asks a woman to be modest, not hidden. What is your idea of modest?? Re: Jilbab #nyamber

Karena gw yang pake jilbab dr ketiga orang itu gw jawabnya begini biar dia baca sendiri :

Saya : @buayaempang @iyankwhite@4lexandr4 mengacu ke Quran memakai hijab a/ wajib. Udah jelas tertulis di ayat 33 surat 59.

Buayaempang : @iyankwhite @4lexandra @lialaya Al Ahzab , 59th verse, doesn’t say anythink about wearing jilbab. Read it agai.. (cont) http//t.co/UMsLSSy –>  Gw Cuma mo bilang ke siapupun yg baca blog gw, tweeter itu 140 karakter , tulislah dengan singkat,padat,jelas . Kayak gini nyusahin gw khan dan akhirnya gak gw baca continuenya.

Buayaempang : @lialaya I aint see any word related with term of jilbab there. Would you show me?

Saya : @buayaempang @iyankwhite Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri –istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin. “Hendaklah mereka menutup jilbabnya keseluruh tubuh mereka” yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak mudah diganggu. Dan Allah maha pengampun lagi penyayayng.

Saya : @buayaempang I think statement in Al-ahzab 59 very clearly. Allah menyuruh nabi berkata kepada istri, anak perempuan, dan istri orang mukmin untuk menggunakan jilbab (Gw ulangin lagi isinya)

Buayaempang : @lialaya ‘Jalabi’ in here doesn’t mean ‘jilbab’ in term we know nowdats sweety. Yusuf Ali in his Holy Quran translated it ‘outer garments’ –>  Disini gw Cuma bisa mikir ouh OK dia pake translate English. Gw pikir mo nguji dia dulu ahhh… Sepintar apa pengetahuan ttg agama, padahal gw juga gak pandai2 amat.

Buayaempang : @lialaya this verse only asks wives and daughter of the prophet, and woman of the believer to ‘let down upon them their over garments’

Saya : @buayaempang Trus gw bilang tafsir quran berarti salah dong yah diseluruh Quran. Trus kenapa istri nabi menggunakan jilbab? Kalo emang gak wajib –> Disini gw udah tau jawaban siti khadijah emang ga pake jilbab, gw pengen tau ajah niy orang tau historynya kagak kenapa dia gak pake. Karena gw juga dulu  sudah ngajuin pertanyaan yang sama ke ustad. Kalo dia asal ngemeng aja khan gw tau dia itu tong kosong nyaring bunyinya.

Saya : @buayaempang  coba  baca n pedalami seluruh isi Quran 30 hari cukup kok, 1 hari cob abaca 20 halaman aj. Ntar semoga sadar dan mengerti.

Saya : @buayaempang oya coba baca al a’raf 26 jelas juga mengenai aurat. Pedalami quran dan agama dulu. Agama itu indah kok.

Buayaempang : @lialaya translasi dr bahasa arab, ayat ini literally memerintahkan agar pakaian luar (outer garment) tersebut dhulurkan/dipanjangkan.

Buayaempang : @lialaya Dengan kata lain, pakailah baju terusan atau rok atau celana yg cukup panjang. Jangan mengenakan bawahan yg pendek atau mini. –>dalam hati sok tau niy orang, gw cari ayat lg di Quran  ttg aurat. Padahal gw lagi asyik2 baca NFQ niy diganggu sama orang sok tau dan berusaha mengubah pikiran gw ttg hijab. Rusak dunia ini. Cobaan cobaan, astagfirullah.

Saya : @buayaempang  satu lagi sebelum tidur, coba baca An Nur ayat 31. Semoga tercerahkan mas. –> kenapa gw suruh baca an nur karena disini Allah menyuruh wanita untuk menutup auratnya. Aurat wanita apa bisa dilihat didalil.

Buayaempang : @lialaya seluruh isi nabi berjilbab?? Do you know Khadijah sweety? Penghulu wanita di surga itu tidak berjilbab.. –> Udahlah ye malas bener niy orang bener2 syetan sejati, otak serta hatinya dirasuki syetan, makanya mas jangan Tong Kosong Nyaring Bunyinya dong belajar dulu biar pintar. Jadi Quran kitab suci umat Islam itu diturunkan kepada nabi Muhammad secara berangsur-angsur dan memang pas Siti Khadjah ayat tentang ber hijab belum diturunkan. Dan setelah ayat berhijab diturunkan para wanita saat itu dimanapun berada langsung mengambil kain yang ada didekat mereka buat menutupi tubuh mereka. #Subhanallah #pasangkaftan

Niy teman gw ikut2an @iyankwhite koreksi, setau aku ada istri nabi yang ga memakai jilbab, tolong jelaskan mas –> Kecewa gw jujur aja.

Buayaempang : @lialaya Done it. And u know what, just like I said be4, not any single verses in Quran ask woman to wear jilbab –> sakau bener dah niy orang. Dirasuki setan hati dan otaknya.

Buayaempang : @lialaya that’s why I’m asking u, which part in Quran ask women to wear ‘jilbab’ just like u do.

Saya : @buayaempang jelas2 sudah tertulis dgn jelas dial araf, annur31, dan alahzab59. Nah coba perdalam batasan aurat itu apa –> makanya baca dongs boy. Baca aja malas katanya cerdas. Nah kalo baca seluruh isi Quran yah biar dibukakan hatinya dan dapat hidayah.

Saya : @buayaempang aurat perempuan itu selain telapak tangan dan telapak kaki. Jelas khan yah. Maknaya perempuan kalo sholat ga menampakkan rambut –>udah malas ngomong seadanya sama org kayak gini, sok tau nya dan omong kosong serta tong kosong nyaring bunyinya selangit..

Buaayaempang : @lialaya ayat2 ttg hijab ya J aku tambahin yah hijab munculnya setidaknya 7 kali didalam quran (&:46, 17;4….. (cont)… –> gak gw baca cont

Gw nulis di twitter gw Disuruh baca dan pedalami ngeyel, Tidur ajalah ahh… Perut lapar lagi…

Teman gw niy ikut2an @iyankwhite mention ke gw No no, bukannya ngeyel laya debat cerdas gak boleh saling menyindir yah –> dalam hati sedih bangettt diginiin, debat cerdas kok kayak gini diperdebatkan jelas2 sudah ada ayatnya didalam Quran dan nyindirr?? Siapa yang mulai nyindir duluan. Cinta telah membutakan hati dan otak seserang. Gw diemin aja buat teman gw karena udah gw anggap kk gw sendiri.

Buaayaempang : @lialaya IMO, Allah tidak pernah menyusahkan wanita dengan kewajiban untuk menutupi bagian-bagian yang biasa terlihat seperti  lengan, rambut, pipi, n leher.

Buaayaempang : @lialaya kalo mau diada-adakan dalih bahwa kecantikan yang terlihat pada diri wanita bisa membuat pria tergoda.

Saya : @buayaempang jadi kalo sholat dimana menghadap Allah boleh dong yah menampakkan lher, rambut. Alat sholat wanita sekarang berarti salah yah? –> disini gw pengen menyadarkan dia aja, Wanita aja menghadap Allah harus menutup aurat, dimana kalo kita sholat mukenanya cuma menampakkan wajah, telapak tangan, dan telapak kaki.

Buaayaempang : @lialaya Karena terbukti pada kisah nabi Yusuf bhw ketampanan seseorang pria pun bisa membuat wanita tergoda. Hehhehe *lirik cermin*

Saya : @buayaempang hal tersebut berbneda dengan aurat pria. Ada dalilnya kok. Tapi lupa maklum kapasitas otak terbatas –> melenceng lo jauh banget ke nabi Yusuf, dibilangin dr awal baca Quran sampai tuntas dulu baru ngemeng. Jelas-jelas hasrat wanita dan pria berbeda. Makanya wanita disuruh menutup auratnya.

Saya : @buayaempang kalo mo nanya2 ada ustad itu mantan wartawan tempo dan kompas, dia biasanya ada tiap hari sabtu dimesjid menteng.

Buayaempang : @lialaya my answer very simple, bisa tunjukkan batasan aurat di Quran nona? à terbuktikan kemampuan agamanya seperti apa, niy orang bener-bener omong kosong dan gak tau apa2.

Saya : @buayaempang kalo aurat setau aku didalil. Hanya penasaran, agamamu apa? Teladanmu siapa? Sholat 5 waktu dilakuin gak? Kok isi quran diraguin –>banyak2 beristigfar orang kayak ini udah dirasuki syetan dan dia emang diutus utk mempengaruh org lain. Cobaan cobaan, semoga aku tidak masuk kedalam perangkap dia.

Buayaempang : @lialaya uh sentiment ini terjebah diantara keimanan dan kemalasan berpikir. Menurut saya bukan seperti itu cara beriman yang baik.

Buayaempang : @lialaya nah pengertian trakhir ini kerap menimbulkan distorsi. Saran saya gunakan akan. Bukankan agama memang diturunkan buat mereka yang berakal à saya emang berakal, saya cerdas mencari tau dimana jika tidak mengerti dan saya percaya thd Quran dan allah serta muhammad. Saya tidak pernah menmperdebatkan isi Quran karena asay cerdas akan tetapi saya mengulasnya. Yang anda lakukan itu memperdebatkan dan menyangsikannya.

Buayaempang : @lialaya hehe akhirnya keluar lagi adhominemnya. Agama saya tidak penting, yang penting saya menuhankan Allah, bukan dogma atauapun ulama à Disini saya sudah sadar dia udah melenceng, berusaha mencari tahu tapi menggunakan ego dia. He is not clever but stupid. Org kita dr TK sampe kuliah belajar sama guru begitupun didalam Quran kita butuh seseorang yang dapat membimbing kita dan menuntun kita kejalan yg bener. Bertanya ke dia, kalo jawaban dia ga cocok kita cari tau lagi. Bukan berdasarkan ego kita dan itu nantinya disesatkan oleh syetan.

Buayaempang : @lialaya saya gagal paham, siapa diantara kita yang tidak mengimani Quiran? Argumen saya cukup clear, tidak menemukan satu ayatpun mewajibkan jilbab.

Buayaempang : @lialaya FYI, adhominem adalah salah satu bentuk sesat pikir (logical fallacy) it shoot the messenger not the messages. Only bigots use that.

Buayaempang : @lialaya umar patek, imam samudra, hambali hafalan dalilnya juga jempol. Tetap aja ujung2nya jadi teroris.

Satu kata Astagfirullah

Baru kali ini saya merasa dilecehkan secara virtual. Dan sedih kenapa ada orang yang kayak gini, seandainya dia mau lebih kritis serta membaca Quran dengan lebih seksama. Kenapa mempengaruhi orang lain dengan omong kosongnya. Semoga saya selalu dilindungi  dari Allah dari godaan syetan yang seperti ini.

Annur 31 : dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya. Dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau Putra-putra mereka, atau Putra Putra suami mereka atau saudara laki-lakui mereka atau Putra saudara lelaki mereka atau Putra saudara perempuan mereka atau para perempuan mereka atau hamba sahaya yg mereka miliki atau para pelayan lelaki tua yang tidak mempunyai keinginan terhadap perempuan atau anak-anak yang belum mengerti ttg aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakan kaki agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan tobatlah kamu kepada Allha, wahai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung.

Al Ahzab 59 : Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri –istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin. “Hendaklah mereka menutup jilbabnya keseluruh tubuh mereka” yang demikian itu agara mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak mudah diganggu. Dan Allah maha pengampun lagi penyayayng.

-Jelas khan yee perintah berhijab didalam Quran, niy orang ngeyel bangettt- anak SD pun disuruh baca ayat ini juga ngerti. *makanya jangan OMDO* *mempengaruhi orang lain dikiranya gw anggap dia ngerti tapi NIHIL*

Sebenarnya gw masih belajar dan belum tau apa-apa, tapi ini rasanya kesel bukan main kalo mempermainkan agama gini. dan hak dia gak setuju mengenai jlbab tapi kenapa bawa2 gw. Secara gw juga seumur-umur gak pernah maksa orang mengunakan jilbab.

Ntar gw sambung di part dua yah, ada temannya juga yang membicarakan ttg tata cara pakaina berjilbab. Sekarang mau cabut dulu ke Bandung.. CU😀