Tulisan ini dibuat pada saat aku lagi bosan-bosannya kuliah materi penulisan tesis, otak yang bener-bener penat dan jiwa raga yang masih berada dikasur serta perut yang sangat-sangat lapar.

Gak terasa bentar lagi kita akan melewati tahun 2010 dan menuju 2011. Berarti kita akan memasuki suatu babak baru yang aku sebut dengan menyongsong masa depan. Otomatis aku harus membuat plan dan strategi baru lagi demi pencapaian target baru. Masa lalu dijadikan cermin perbaikan untuk dilakukan dimasa depan. Point-point yang tidak tercapai dimasa lalu dijadian acuan untuk target di tahun 2010.

Hal yang sangat sangat ingin sekali aku lakukan yaitu membuat strategi keuangan buat tahun 2011, karena aku ngerasa tahun 2010 penghasilan yang aku dapatkan selalu minus. “Besar pasak daripada tiang” Tahun 2011, aku harus bikin plan, strategi serta mengoptimasi keuangan aku. Terutama mulai menabung lagi buat uang kuliah dan modal nikah. Secara uang tabungan aku buat 2010 telah aku gunakan buat uang kuliah aku+travelling+shopping yang gak jelas.

Nah, ditahun 2011 ini yang ingin aku lakukan buat menekan pengeluaran yang terlalu berlebihan :

1. Menghitung pendapatan bersih selama 1 bulan = pendapatan total 1 bulan – pengeluaran tetap  (Pengeluaran tetap misalnya uang kos+pulsa+belanja bulanan+zakat+taxi+dokter gigi+uang salon+uang perawatan wajah).

2. Setelah mendapat pendapatan bersih, kemudian kita mulai membagi antara uang khusus tabungan, uang sehari-hari maupun uang travelling.

3. Kemudian, kita sebisa mungkin menekan uang sehari-hari kita sesuai target, misalnya : aku memiliki hasrat kuat selalu ingin membeli sepatu dan baju, biasanya aku akan menanyakan kepada seseorang yang bener-bener pelit buat ngeluarin uang. Dia pasti akan memberi wien-wien solution yang bikin kita berpikir untuk mengeluaran uang dan yang terpenting jangan shopping sama teman kita yang ratu shopping.

4. Sebisa mungkin kita memiliki lebih dari 1 tabungan : Tabungan khusus menabung dan tabungan buat kebutuhan sehari-hari.

5. Sebisa mungkin memiliki credit card, hal ini penting buat aku karena kantor aku untuk kesehatan mesti dirembes buat bulan berikutnya. Jadi aku gak perlu memikirkan tabungan buat kesehatan, pakai CC saja hutang dibank, bulan depannya khan udah bayarin oleh kantor, baru aku lunasin dey.

6. Bikin target yang jelas dalam 1 tahun berapa budget belanja aksesoris, jangan melampauin target yang ada.

7. Bikin planning yang jelas, dalam 1 tahun aku ingin travelling ke negara/kota mana.

Adapun SWOT dalam tahun 2010 yang berhasil dicapai:

– Strengths:

1. Biaya kuliah dengan uang sendiri.

2. Target travelling baru berhasil ke singapure dan insyaallah tagl 23-26 ini mau kesana lagi.

3. Telah berhasil memiliki 11 pasang sepatu.

4. Membeli Laptop.

5. Membeli kulkas.

Weeknesses :

1. Uang tabungan 0

Opportunities :

1. membuat plan 2011 yang lebih baik dengan perbaikan dari tahun 2010

2. 2011 memulai membuat tabungan haji dan tabungan nikah

Threats :

1. Tidak memiliki tabungan di 2011.