Alhamdulillah saya dapat menikmati dan bertemu kembali di ramadhan tahun ini, rasanya ingin diberi umur yang panjang untuk bisa selalu menikmati bulan yang penuh berkah ini. Dibulan Ramadhan banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita dapat karena disini kita diajarkan untuk merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang serba kekurangan, terhindar dari sifat tamak dan rakus, memahami akan arti ikhlas dan disiplin, serta kita belajar makna sabar. “Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa.” (S.al-Baqarah:183)

Di bulan yang suci ini ada baiknya kita mulai dengan melakukan perbuatan yang baik-baik, membersihkan hati, melakukan sesuatu yang bernilai sebagai ibadah, selalu berpikiran positif, menghindari gosip, serta perbanyak amal ibadah. Dibulan ramadhan tahun ini agak saya lalui dengan berat, karena 3 hari sebelum bulan ramadhan saya baru sembuh dari sakit Types, dan saya harus menjalani ibadah yaitu Kuliah dan Kerja. Pagi sampai sore saya kerja dan malamnya saya kuliah. Rasanya bener-bener letih dan lemah badan ini. Tapi saya anggap itu semuanya itu sebagai ibadah. Sakit itu sebagai pembersih dosa-dosa saya sebelumnya. Dan dengan menjalani puasa dengan tugas dan aktivitas yang bermuatan besar membuat saya lebih sabar dan tidak mengeluh apalagi marah karena takut puasa saya bisa batal kalau terlalu banyak berkeluh kesah J

Hikmah yang paling berharga di setiap bulan puasa kita diajarkan tidak kikir apalagi pelit karena dibulan puasa kita dianjurkan menyisihkan sebagian harta kita untuk berbagi. Yang perlu kita ingat sebenarnya bukan hanya dibulan puasa kita harus berbagi akan tetapi dibulan-bulan lainnya kita juga harus menyisihkan sebagian harta kita buat saudara-saudara kita yang membutuhkan karena harta yang ada dikita sekarang ini hanya titipan Allah. Jadi, kita tidak boleh tamak!!!!!!!

Alangkah indahnya bisa merasakan kemegahan dan keistimewaan bulan Ramadhan. Saya gak tau kenapa, hati ini begitu tentram dan damai kalo memasuki bulan Ramadhan. Ada perasaan bahagia yang masuk ke relung hati. Mungkin di bulan ramadhan allah menjanjikan pahala yang berlipat-lipat ganda kepada umatnya yang tekun ibadahnya. Sehingga di mesjid banyak sekali orang-orang yang berusaha mendapatkan janji Allah tersebut. Begitu banyak orang-orang yang menunggu waktu magrib di mesjid kemudian dilanjutkan dengan sholat isya kemudian tarawih. Biasanya selain bulan Ramadhan pasti mesjid kosong melompong kalo menjelang magrib. Subhanallah sekali bulan ramadhan ini!!! Satu hal lagi yang aku takjub, disiang hari banyak sekali orang-orang yang mengaji dan mendengar ceramah. Bahkan tidur pun dihitung ibadah, bener-bener Ramadhan itu bulan penuh berkah.

Betapa baiknya Allah, setelah menjanjikan berbagai pahala dan kesucian di bulan ramadhan. Allah juga menutup bulan puasa dengan Idul Fitri. Yang itu artinya penyucian diri dan harta. Karena sebelum memasuki bulan syawal Idul Fitri diwajibkan bagi hamba-hambaNya yang mampu untuk menyucikan hartanya. Yang perlu kita ingat Idul Fitri bukan berarti balas dendam karena selama satu bulan kita berpuasa. Bagi saya Idul Fitri adalah bulan kemenangan dan sebagai tolak ukur untuk menjadi yang lebih baik dalam menjalani bulan puasa tahun berikutnya.