Dikepala ku lagi banyak ide tapi gak tau gimana cara mengimplementasikannya. Aku kira banyak hal-hal yang dapat dibuat jadi simple dan mudah dengan menggunakan teknologi. Hal-hal simple yang mungkin bisa dilakukan :

1. Delivery Makanan
Andaikan semua toko makanan yang terkenal, warteg, sampai penjual kaki lima dilengkapi dengan sistem GPS. Kita tinggal memberikan koordinat kita saat itu, dan simsalabim makanan pun sudah didepan mata kita.

2. Payment
Semua harus serba internet mulai dari pembayaran telp dan listrik, pembayaran dan pembelian pulsa, pembelian tiket, pemesanan dan pembayaran hotel, registrasi mata kuliah, pembayaran uang kuliah, pemesanan barang hingga belanja kebutuhan sehari-hari. Semuanya bisa kita lakukan melakukan internet banking.

3. Pembelian Bahan Bakar Kendaraan
Dibuat mesin yang seperti pembelian minuman, dimana kita tinggal memasukkan uang kedalam mesin tersebut dan tinggal menekan tombol minuman apa yang kita ingingkan. Dan Minuman pun keluar dari mesinnya. Apakah Bahan Bakar bisa menerapkan prinsip tersebut? Dan apakah ada efeknya? Mungkin jika diterapkan pada bahan bakar akan sangat riskan resikonya. Tapi dengan kemajuan yang terjadi, saya rasa itu tidak mustahil untuk di uji lebih dulu.

4. Pemakaian Frekuensi Bersama Antar Operator
Pemakaian frekuensi yang berbeda antara satu operator dengan operator yang lain hal ini bisa menghabiskan resourse yang ada walaupun mungkin dibumi ini banyak frekuensi tapi yang itu kita harus menghematnya. Bagaimana peinsip kerjanya pemakaian frekuensi bersama ini? Pertama-pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu kondisi lingkungan maksudnya disini kita bisa melihat kondisi saat itu apakah interferensi nya tinggi, sedang, atau rendah. Parameternya interferensinya apa? USER!!! Kalo interferensinya rendah itu tidak ada masalah. Tapi kalo interferensi tinggi. Gimana? Idenya simple bisa kita atur Powernya. Untuk keterangan lebih lanjut bisa dibaca radio cognitif.

Sekarang permasalahannya, ide-ide saya kebanyakannya dilakukan oleh Mesin daripada sumber daya manusia. Apa yang akan terjadi pasti banyak pengangguran. Sehingga tidak memungkinkan semakin banyak tindakan kekerasan yang akan ditimbulkan.😀